Sektor Usaha Ini Bakal Raup Untung saat PSBB Jakarta

Blog    |   by mobilboxjakarta    |    News    |    September 15, 2020
Sektor Usaha Ini Bakal Raup Untung saat PSBB Jakarta

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi cuan yang bisa didapatkan sektor usaha dari PSBB jilid II yang dilakukan DKI Jakarta. Keuntungan bakal didapat oleh jasa pengiriman ekspres yang berkaitan dengan e-commerce dan pengiriman instan yang didominasi transportasi daring.

Staf Ahli Menteri Bidang Logistik Multimoda dan Keselamatan Perhubungan Cris Kuntadi mengatakan pengiriman instan (instant courier) akan tumbuh cukup signifikan karena sifatnya yang lokal dan kecenderungan orang berada di rumah.

"Instant courier itu akan naik signifikan, prediksinya akan naik 25 persen, karena PSBB ini transportasi cenderung agak dibatasi, sehingga orang cenderung beraktivitas di rumah, sehingga kebutuhan yang dibutuhkan dipesan dari rumah," katanya kepada Bisnis.com, Senin (14/9/2020).


Selain instant courier, 'pemenang' di tengah PSBB kali ini yakni jasa pengiriman ekspres atau last mile delivery yang berkaitan dengan aktivitas belanja online.Memesan barang kebutuhan maupun panganan dari rumah tentu melalui sarana daring (online). Hal ini, tentu akan menguntungkan banyak pihak, pemesan, pelanggan, penjualnya, dan jasa pengiriman transportasi online.

"Karena PSBB otomatis orang ada di rumah, berarti belanja akan membatasi keluar rumah, kemungkinan besar belanja online, tidak bisa dilepaskan jasa pengiriman ekspres. Penjualan secara online naik signifikan, pengiriman ekspres akan mengalami kenaikan yang saya perkirakan 25 persen untuk masa PSBB ini," terangnya.


"Untuk angkutan barang menggunakan mobil satu baris tempat duduk, maksimal 2 orang satu sopir dan satu penumpang. Jadi kalau truk besar dengan dua baris, isinya supir, satu penumpang di kiri dan 1 penumpang di belakang, itu yang jadi ketentuan di Kemenhub dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta," paparnya.Adapun, dengan adanya peningkatan last mile delivery dan instant courier ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tidak mengeluarkan kebijakan baru, tetapi mengikuti aturan yang sama seperti yang diterapkan Pemprov DKI Jakarta.

Di sisi lain, dia menerangkan melihat operasional angkutan barang yang diperbolehkan beroperasi yang dikeluarkan Kadishub DKI Jakarta, memang ada seolah-olah terjadi pembatasan aktivitas logistik, yang diperbolehkan itu hanya logistik bidang tertentu saja.

Walaupun hanya aktivitas logistik tertentu, sebenarnya hampir semua aktivitas logistik diperbolehkan. Angkutan barang kebutuhan pokok, perkantoran, instansi pemerintah, perwakilan negara asing, BUMN, BUMD untuk penanganan Covid-19, sektor kesehatan, bahan pangan, minuman, energi, kominfo, keuangan, logistik, perhotelan, konstruksi, dan industri strategis lainnya.

"Jaminan kebutuhan pokok terpenuhi, angkutan online mungkin mobil, mobil box atau angkutan roda empat itu tetap bisa mengirimkan pemenuhan kebutuhan pokok, kemudian untuk yang lain. Disebutkan sektornya tapi mayoritas tetap boleh berjalan, tidak ada larangan secara ketat untuk jenis barangnya jadi silakan," urainya.

12
Share
Related Posts
PSBB Jakarta Dimulai,  Simak 17 Aturan Baru yang Wajib Dipatuhi Warga

PSBB Jakarta Dimulai, Simak 17 Aturan Baru yang Wajib Dipatuhi Warga

JAKARTA, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan menerapkan kembali pembatasan…

Pasien Corona Meninggal 25 Orang, Mayoritas dari Jakarta

Pasien Corona Meninggal 25 Orang, Mayoritas dari Jakarta

Jakarta, CNN Indonesia -- Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad…

Update Corona 19 Maret: 309 Kasus, 25 Meninggal, 15 Sembuh

Update Corona 19 Maret: 309 Kasus, 25 Meninggal, 15 Sembuh

Jakarta :  Jumlah pasien positif Virus…

Naik MRT, Prabowo: Terima Kasih Pak Jokowi

Naik MRT, Prabowo: Terima Kasih Pak Jokowi

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokow) bertemu dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto pagi ini. Keduanya…

Resmi! Jokowi Putuskan Ibu Kota RI Pindah ke Kaltim

Resmi! Jokowi Putuskan Ibu Kota RI Pindah ke Kaltim

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya resmi memilih Provinsi Kalimantan…

21 Juta Pelanggan PLN Berhak Dapat Kompensasi Listrik Padam Massal

21 Juta Pelanggan PLN Berhak Dapat Kompensasi Listrik Padam Massal

Sekitar 21 juta pelanggan PT PLN (Persero) di Jabodetabek dan sekitarnya mengalami listrik padam. Pelanggan…

Alamat

Jl. Baiduri Bulan. No 58 Kelurahan, RT.6/RW.11,
Bidara Cina - Jatinegara,
Jakarta Timur, Jakarta 13330

GET DIRECTION
No. kontak

Hp/Wa: +62 821-8882-1661

call us
jasa pindahan, jasa antar barang, sewa mobil box murah, sewa mobil pickup, sewa truk, sewa mobil blind van, sewa mobil box